Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan RufusKata Windows sudah sangat familiar didengar oleh masyarakat terutama bagi khalayak yang bekerja pada bidang teknik terutama komputer (PC maupun Laptop). Seiring  berjalannya waktu, Windows juga terus berkembang menyesuaikan zaman dan teknologi yang ada. Seperti halnya perkembangan dari setiap serial sistem operasional Windows yang digunakan, mulai dari Windows 1.0 hingga kini berjalan pada Windows 10 sebagai keluaran tercanggih dan terbaru.

Untuk up-to-date perangkat PC maupun Laptop tentunya update sistem Windows juga diperlukan agar kita tidak tertinggal zaman dan bisa mengikuti perkembangan teknologi. Bagi beberapa orang upgrade sistem Windows ke versi yang terbaru masih terasa sangat asing dan sulit untuk dilakukan, seperti misalnya harus menggunakan burning DVD, peng-instal-lan, dll. Namun sekarang hal itu sudah ditinggalkan karena sudah ada inovasi terbaru yaitu dengan cara membuat bootable Flashdisk Windows 10 dengan Rufus.

Rufus merupakan utilitas untuk membantu memformat dan membuat perangkat flashdisk (maupun USB, kartu memori, dsb) menjadi bootable. Rufus ini bisa digunakan untuk booting perangkat komputer (PC/Laptop) dalam modus DOS (Disk Operating System) yang sering digunakan untuk upgrade BIOS. Penggunaan yang mudah dan op-to-date dengan perkembangan sistem operasi juga menambak efisien dan kepraktisannya.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus

Langsung saja, berikut cara membuat bootable Flashdisk Widows 10 dengan Rufus :

  1. Download ISO Windows 10 yang asli yang disediakan Microsoft untuk didownload (untuk menghidari malware, maupun file-file corrupt)
  2. Siapkan falshdisk minimal 4GB – 8GB
  3. Download software Rufus (bisa pilih yang Rufus Portable saja, sehingga tidak perlu instal)
  4. Setelah terinstal, buka software Rufus tersebut
  5. Klik pada gambar disk yang berada di samping paling kanan tulisan ‘create a bootable disk using – FreeDOS’
  6. Klik logo disk tersebut, lalu pilih file ISO Windows 10 yang sudah anda download pada langkah no.1
  7. Ketika file suda termuat, pada kololm ‘partition scheme and target system type’ pilihlah ‘MBR partition scheme for BIOS or UEFI-CSM’ (pada list ke-1)
  8. Pastikan nama flashdisk yang digunakan benar, dan pilih ‘standard Windows installation’
  9. Lalu mulailah booting dengan klik ‘START’, tunggu hingga proses selesai
  10. SELESAI, anda sudah bisa gunakan Flashdisk untuk instal Windows 10

Demikianlah cara membuat bootable flash windows 10 dengan menggunakan rufus yang terbukti berhasil, nah untuk anda yang ingin mencoba, maka silahkan anda gunakan cara yang telah kami berikan di atas. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus | admin | 4.5